Website Resmi Kecamatan Gerunggang

Menjadi Kelurahan Berkawasan Pemukiman Kepadatan Sedang, Berikut Profil Kelurahan Air Kepala Tujuh

Lurah Air Kepala Tujuh, Basori Setiawan bersama Bhabinkamtibmas. Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Menjadi Kelurahan Berkawasan Pemukiman Kepadatan Sedang, Berikut Profil Kelurahan Air Kepala Tujuh, https://bangka.tribunnews.com/2020/08/25/menjadi-kelurahan-berkawasan-pemukiman-kepadatan-sedang-berikut-profil-kelurahan-air-kepala-tujuh?page=2. Penulis: Sela Agustika Editor: Rusaidah
0

Kelurahan Air Kepala Tujuh merupakan kelurahan dalam Wilayah Kecamatan Gerunggang yang beralamat di Jalan Gelatik, Tua Tunu, Gerunggang, Kota Pangkalpinang.

Secara umum Kelurahan Air Kepala Tujuh memiliki luas 230 Ha dengan batas wilayah sebagai berikut, sebelah utara Kelurahan Tua Tunu Indah Kecamatan Gerunggang, sebelah selatan Desa Kace Timur Kecamatan Mendo Barat, sebelah barat Kecamatan Tua Tunu Indah Kecamatan Gerunggang dan sebelah timur Kelurahan Kacang Pedang.

Pemerintah Kelurahan Air Kepala Tujuh ini terdiri dari 4 Rukun Warga (RW) dan 9 Rukun Tetangga (RT) dengan total jumlah penduduk yaitu 6.015, yang terdiri dari 3.007 perempuan dan 3.008 laki-laki.https://24ba36a5ea8b55901a40f7d757e13dc0.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

Mata pencahatian pokok warga Kelurahan Air Kepala Tujuh yaitu swasta, pedagang, pegawai negeri sipil (PNS), Petani, TNI/Polri, nelayan dan lainnya.

Mayoritas penduduk Kelurahan Air Kepala Tujuh yaitu beragama Islam, Protestan dan Katolik.

Kelurahan Air Kepala Tujuh memiliki beberapa program unggulan, diantaranya yaitu Program UMKM Abon Buah yang saat ini menjadi produk unggulan, program bidang pertanian pionir, program patroli keliling yang bekerjadama dengan pihak terkait.

Lurah Air Kepala Tujuh, Basori Setiawan menyebutkan keluhan yang ada di kelurahan saat ini masih terkendala dengan genangan.

“Saat ini kita sudah mulai ditindaklanjuti dan dilakukan pelebaran, semoga masalah ini bisa teratasi, sedangkan untuk sampah sendiri meski di beberapa titik di lahan kosong masih belum tetatasi tetapi semenjak ada mobil sampah ini sudah bisa diatasi,” ungkap Basori kepada bangkapos.com, Selasa (25/8/2020).

Sementara itu, secara administrasi kependudukan dia mengatakan bahwa kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri masih rendah.

“Kita juga sering melakukan sosialisasi melalui RT/RW dan mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan secara mandiri, tetapi mungkin kesadaran ini masih rendah, dan untuk Karang Taruna dan lembaga masyarakat lainnya saat ini masih belum begitu aktif dan kedepannya kita akan aktifkan pihak-pihak terkait untuk membangun kemajuan kelurahan,” ujarnya.

Diakuinya selama menjadi lurah kesadaran dan kekompakan masyarakat di Kelurahan Air Kepala Tujuh saat ini masih rendah.

“Dari pengalaman saya kurang lebih satu tahun menjadi lurah disini bisa dikatakan masih rendah (atau 50:50) untuk diajak kerja sama, tetapi kita memaklumi, dimana masyarakat kita ini kelurahan pembekaran yang banyak perumahan dengan berbagai latar belakang kultur budaya,”sebutnya.

Dia mengatakan Kelurahan Air Kepala Tujuh diperuntukan sebagai kawasan pemukiman dengan kepadatan sedang.

“Di kelurahan kita sendiri untuk pemukiman mungkin masih belum sepadat di beberapa kelurahan lainnya, sehingga diperuntukan sebagai kawasan pemukiman yang mana ada 20 pengembang perumahan,” ucap Basori.

Sebagai Lurah di berharap untuk saling bersinergi dan berinteraksi dengan masyarakat, baik dari segi pelayanan, dan kegiatan lainnya untuk membentuk kelurahan yang lebih baik.

“Tentunya disini kita sebagai lurah dan perangkat berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kedepannya, karena kita disini adalah kuncinya, tentunya bersinergi dan berinteraksi dengan masyaraka sangat penting untuk membentuk kelurahan yang baik,” tuturnya. (*)

Prestasi Terakhir Kelurahan Air Kepala Tujuh
1. Juara II Lomba Kelurahan Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2018
2. Juara II Lomba Kelurahan Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2019



Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Menjadi Kelurahan Berkawasan Pemukiman Kepadatan Sedang, Berikut Profil Kelurahan Air Kepala Tujuh, https://bangka.tribunnews.com/2020/08/25/menjadi-kelurahan-berkawasan-pemukiman-kepadatan-sedang-berikut-profil-kelurahan-air-kepala-tujuh?page=2.
Penulis: Sela Agustika
Editor: Rusaidah

Leave A Reply

Your email address will not be published.